Selasa, 09 Desember 2014

BUSANA MUSLIMAH DAN SYARATNYA

Pakaian wanita muslimah ketika diluar rumah adalah dengan menggunakan JILBAB. Yaitu pakaian yang bisa menutup seluruh sejak dari kepala sampai kekaki; atau menutup sebagian besar tubuh, dan dipakai pada bagian luar sekali seperti halnya baju hujan (jas hujan), dan yang tampak hanyalah muka dan telapak tangan. Sebab muka dan telapak tangan menurut jumhur fuqaha' tidak termasuk aurat, dengan syarat apabila dirasa aman dari fitnah.
"Wahai Nabi ! Katakanlah kepada istrimu, kepada anak perempuanmu, dan kepada para wanita mu'min : "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka lebih mudah dikenal, lalu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang". (QS.Al-ahzab : 59)



Dengan berjilbab ketika berada diluar rumah. insya Allah kehormatan kita terjaga, dan tidak banyak timbul fitnah, dan sekalian merupakan identitas sebagai wanita muslimah.
Selanjutnya yang menjadi persoalan kita sekarang ialah, apa sajakah yang termasuk syarat-syarat BERJILBAB atau BUSANA MUSLIMAH???

  1. Pakaian itu dapat menutupi seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan
  2. Jenis kainnya harus tebal, yang tidak tembus pandang, sehingga warna kulitnya tidak bisa dilihat dari luar
  3. Lapang, tidak sempit (ketat), sehingga masih bisa menampakkan bentuk tubuh yang ditutupinya. Tujuan tersebut adalah untuk menghindari fitnah atau bencana
  4. Tidak menyerupai pakaian laki-laki
  5. Tidak terlalu menyolok warnanya, sehingga dapat menarik perhatian orang yang memandangnya
Sekian tips syarat-syarat untuk busana muslimah..... Sedikit, tapi mudah-mudahan bermanfaat untuk para muslimah yaaaaaa ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar